Pages - Menu

Tuesday 3 July 2012

Statistik Unik nan Ajaib Presiden Amrik

President of USA. Sebuah jabatan yang bila disandangkan kepada seseorang pasti membuat orang yang menyandangnya memiliki pengaruh yang sangat luas terutama dalam percaturan politik dunia. Ya, Amerika Serikat kini memang sedang berada di puncak kejayaannya sebagai negara adidaya sehingga membuat siapapun presidennya serasa menjadi raja bagi seluruh dunia. Tapi tahukah anda bahwa dibalik semua itu terdapat beberapa fakta unik nan ajaib mengenai statistik President Amerika. Mau tau ? Ya sudah, kita langsung saja ke TKP.



Beberapa Presiden Amerika Serikat pernah mengalami serangkaian kejadian buruk yang bahkan membuat sebagian diantaranya terbunuh. Namun apakah anda tahu bahwa mereka memiliki beberapa kesamaan ? Ya, mereka memilkinya. Statistik menunjukkan bahwa Presiden US yang terpilih pada tahun berakhiran angka 0 selalu mendapatkan musibah. Dan anehnya, interval antara presiden malang ini selalu 20 tahun. Berikut datanya.   


1840: William Henry Harrison (meninggal di masa jabatan
William Henry Harrison adalah seorang tentara, politikus, sekaligus Presiden Amerika Serikat ke-9. Namun dirinya hanya mengecap nikmatnya kursi seorang presiden selama 1 bulan saja karena 31 hari sejak dirinya ditetapkan kongres, William meninggal dikarenakan Penyakit Radang Paru-Paru yang didiagnosa terjadi akibat presiden kehujanan saat menjelang pelantikannya.  


1860: Abraham Lincoln (terbunuh pada masa jabatan)  

 Abraham Lincoln merupakan Presiden ke 16 AS sekaligus salah satu dari 4 pemimpin besar Bangsa Amerika. Dirinyalah yang berhasil mendamaikan Perang Saudara antara Utara dan Selatan walaupun dirinya sendiri berasal dari Partai Republik. Selain itu dirinyalah yang meneken konstitusi mengenai penghapusan sistem perbudakan. Namun sayang pada dirinya menemui ajal pada tanggal 15 April 1865 setelah sebelumnya dirinya ditembak di teater ford oleh John Wilkes Booth, seseorang yang menderita gangguan jiwa.  


1880: James A. Garfield (terbunuh pada masa jabatan) 
James Albam Garfield adalah seorang komandan tempur US army, anggota kongres AS, dan President of US yang ke-20. Selama pemerintahannya Ia ingin melakukan pembangunan besar-besaran. Namun aru 4 bulan Ia menjabat, dirinya terbunuh di Stasiun Kereta Api Washington, D.C oleh seseorang frustasi dan gila yang ingin menjadi pegawai pemerintahan.  


1900: William McKinley (terbunuh pada masa jabatan) 

McKinley adalah Presiden ke- 25. Selama pemerintahannya Ia mengusung imperialisasi amerika dengan menguasai Hawaii dan Kuba. Dirinya tewas ditembak seseorang berpaham anarkis.

 1920: Warren G. Harding (meninggal pada masa jabatan)
Warren G Harding merupakan politikus sekaligus presiden ke-29 Amerika Serikat. Dirinya meninggal karena serangan jantung.


1940: Franklin D. Roosevelt (meninggal pada masa jabatan)
 Franklin Delano Roosevelt adalah seorang Presiden Amerika Serikat yang mampu terpilih 4 kali berturut-turut. Beliau juga seorang presiden yang sangat dicintai rakyat AS karena mampu mengatasi masalah finansial yang kala itu menghantam Amerika sehingga membuat ekonomi Amerika morat-marit. Selain itu prestasi cemerlang lainnya ialah mampu membawa AS dan sekutunya memenangi Pernag Dunia II. Tetapi maut tak dapat ditolak, 12 April 1945 akhirnya datang juga. FDR pun meninggal dikarenakan pecahnya pembuluh otak, beberapa bulan sebelum sekutu menyegel kemenangannya..

1960: John F. Kennedy (terbunuh pada masa jabatan)
John F. Kennedy, adalah satu dari beberapa presiden yang saya jadikan idola. Salah satu kutipan terkenalnya ialah, 'Don't ask what your country can do for you, but what can you do for your country'. JFK akhirnya tewas setelah ditembak oleh Lee Harvey Oswald saat ia dan istrinya sedang berkunjung ke Texas menggunakan mobil lincoln keluaran pabrikan ford.

1980: Ronald Reagan (mengalami percobaan pembunuhan pada masa jabatan)

Saat menjadi presiden, Ronald Reagan pernah mendapatkan 'sambutan' berupa peluru tajam dari seseorang maniak. Namun beruntung waktu itu dirinya masih selamat..   

2000: George W Bush (mengalami pelemparan sepatu oleh wartawan pada masa jabatan)
Nah,kalo yang ini pasti kenal. Ya, George Bush, Jr. Tentu masih ingat kan pelemparan sepatu oleh wartawan Irak bernama Munthadzar Al Zeidi. Itulah yang saya maksud sebagai peristiwa tidak menyenangkan bagi Bush. Walau tidak sampai mengancam nyawa karena Bush mampu menghindar dari terjangan sepatu itu, tetap saja hal itu membawa citra negatif pada Bush di mata dunia internasional.
Nah sekian dari saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf semoga ini bermanfaat.

Baca Juga Ini

No comments:

Post a Comment