Pages - Menu

Saturday 9 June 2012

Piala Eropa Dalam Angka

SEPANJANG sejarah Piala Eropa, banyak catatan penting dan menjadi kenangan indah. Berikut catatan-catatan itu dari sudut angka.


23 - Umur striker Belanda, Marco van Basten, yang bersinar saat Piala Eropa 1988 di Jerman Barat. Van Basten mencetak hattrick saat melawan Inggris dan memesona khalayak dengan tendangan voli saat mencetak gol dalam final melawan Uni Soviet.

26.370 - Jumlah orang yang menyaksikan pertandingan final Piala Eropa pertama tahun 1960 di Perancis. Victor Ponedelnik membawa Uni Soviet menjadi juara Eropa perdana melalui golnya pada menit ke-113. Uni Soviet menang 2-1 atas Yugoslavia.

1976 - Adalah tahun saat laga final Piala Eropa harus diakhiri dengan adu tendangan penalti, dan itu terjadi untuk pertama kalinya. Di partai puncak di Yugoslavia, Cekoslowakia bertemu Jerman Barat. Cekoslowakia juara setelah unggul 5-3 dalam adu penalti.

117 - Gol Zinedine Zidane pada menit ke-117 di semifinal tahun 2000 mengulang sejarah tim Perancis. Pada 16 tahun sebelumnya, Michel Platini mencetak gol di perpanjangan waktu saat melawan negara yang sama, Portugal, dan membawa Perancis ke final Piala Eropa.

12 - Tango 12 yang merupakan bola resmi Piala Eropa 2012 diluncurkan pada 2 Desember 2011, bersamaan dengan pembagian grup peserta di Kiev, Ukraina. Bola ini dibuat dari kulit asli dengan lapisan anti-air yang mengilap.

0-0 - Adalah skor saat Italia melawan Uni Soviet di semifinal Piala Eropa tahun 1968. Setelah perpanjangan waktu dilalui tanpa gol, pemenang ditentukan melalui undian pelemparan koin. Italia beruntung maju ke final melawan Yugoslavia dan keluar sebagai juara.


(Sumber: Kompas.com)

Baca Juga Ini

No comments:

Post a Comment